Facial Wash untuk Kulit Kering0

Face wash merupakan salah satu produk kecantikan yang dapat membantu dalam mendapatkan wajah yang sehat dan bagus. Kamu harus menggunakan produk ini sesuai dengan jenis kulitmu. Kalau kamu belum tahu tipe seperti apa kulitmu, kamu dapat berkonsultasi pada dokter. Untuk melakukan konsultasi dokter kamu dapat mengunduh aplikasi KlikDokter.

Namun, jika kamu sudah mengetahui apa tipe kulitmu, yang selanjutnya kamu lakukan adalah mencari perawatan yang tepat. Jika kulitmu termasuk jenis yang kering, harus  membeli produk yang seperti apa? Terdapat beberapa hal yang perlu kamu perhatikan jika memiliki tipe kulit kering. Untuk kulit kering, kamu tidak bisa memilih facial wash secara acak. Hal ini dapat menyebabkan kerusakan pada kulit seperti membuatnya semakin kering atau bruntusan. Salah satunya adalah untuk memperhatikan produk pembersih wajah atau face wash. Tips berikut akan membantumu dalam memilih produk yang cocok.

  1. Mengandung pelembab

Jika kulitmu adalah tipe kering, kamu sebaiknya memilih dengan kandungan bahan aktif yang dapat melembapkan wajah. Selain ini memilih produk yang tidak sesuai dapat menyebabkan kamu kehilangan minyak alami yang dihasilkan oleh tubuh pada wajah. Pilihlah pembersih wajah yang kaya akan pelembab dan tidak menyebabkan kulit kering. Pilih produk yang memiliki pH sesuau dengan pH kulit, yaitu kurang lebih 5,5. Selain itu, pilihlah yang bertekstur creamy serta bebas kandungan sabun. Tekstur creamy dibutuhkan karena kulit kering tidak cocok dengan produk pembersih yang mengandung scrub karena akan semakin membuat kulit menjadi kering.

  • Hindari exfoliating dan scrub

Jangan memilih produk pembersih yang mengandung bahan aktif exfoliating seperti asam salisilat atau asam glikolat atau pun pembersih wajah yang bertekstur seperti scrub. Ketika memilih produk, kamu harus memperhatian kandungan bahan exfoliating dengan baik. Selain itu kamu juga perlu untuk menghindari penggunaan sabun antiseptik ke wajah.

  • Hindari mencuci wajah dengan air hangat

Tahukah kamu jika air hangat dapat membuat wajah menjadi kering? Meski pun mencuci wajah dengan air hangat itu menyenangkan dan memberi efek rileks, jangan lalukan terlalu sering. Terlebih jika kamu memiliki tipe kulit kering karena dapat berakibat semakin kering.

  • Kandungan moisturizer

Hal lainnya yang harus kamu perhatikan adalah kandungan moisturizer. Facial wash dengan moisturizer padat memproduksi minyak alami pada wajah sehingga dapat menjaga kelembapan wajah dan terbebas dari rasa kering.

  • Menghindari pembersih wajah yang berbusa

Kamu perlu untuk mengindari pembersih wajah yang berbusa. Kenapa? Hal ini karena pembersih dengan busa dapat menghilangkan kelembapan alami dam menyebabkan iritasi. Busa pada produk pembersih juga dapat membuat kulit wajah semakin kering dan menonjolkan garis halus di wajah.

  • Hindari produk sabun batang

Hal yang perlu kamu hindari lainnya adalah pembersih wajah dalam bentuk sabun batang. Kenapa begitu? Biasanya produk pembersih wajah dengan bentuk sabun batang dapat membuat kulit semakin kering. Hal ini dapat terjadi karena sebagian sabun batang biasanya terbuat dari detergen yang dapat membuat kulit wajah menjadi kering.

Itulah beberapa tips yang bisa kamu ketahui dan terapkan dalam memilih produk facial wash. Jika kamu masih bingung dengan tipe kulitmu, kamu dapat langsung melakukan test sendiri atau berkonsultasi dengan dokter. Dengan menggunakan aplikasi KlikDokter, kamu dapat melakukan konsultasi kesehatan secara online. Terdapat layana 24 jam dengan para dokter terpercaya.  

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>